REVOLUSI INDUSTRI PETERNAKAN 4.0


Selamat pagi rekan rekan semua !
Mohon maaf sebelumnya karena pembahasan saya kali ini agak berat.
Sebelum memutuskan kuliah di peternakan, saya adalah lulusan SMK N 2 Surakarta jurusan elektronika Komunikasi. Ya .. SMK N 2 Surakarta salah satu dari sejarah lahirnya mobil esemka. Di almameter saya ini ada beberapa jurusan pada waktu itu. Elektronika Komunikasi, Gambar Bangunan, Bangunan, Mesin Industri, Tehnik Perkayuan, Listrik Instalasi, dan mesin otomotif. Saya adalah salah satu siswa diantara yang lain yang memiliki banyak kawan di berbagai jurusan. Saya tidak akan bercerita bagaimana nakalnya saya pada waktu itu, cuman saya pengin bersukur bahwa banyak kawan di berbagai bidang pada kenyataannya sangat banyak membantu saya pada waktu ini. Dan saya lulus kira kira tahun 2001.

Kenapa saya memutuskan kuliah di peternakan ?? Sebenarnya ada 2 jurusan yang akan saya pilih pada waktu itu salah satunya adalah bahasa mandarin. hehehehehhhehehehehe ... Saya berpendapat bahwa suatu saat dunia ini akan terkoneksi secara global dan itu sangat kita rasakan pada waktu ini. Dan dengan bahasa setidaknya saya bisa menjembatani globalisasi tersebut. Namun sayang jurusan ini pada waktu itu terbilang mahal biayanya. Dan terpaksa pindah ke peternakan.

Bukan karena murahnya biaya kuliah di peternakan. Jadi begini, kedua jurusan ini di masa yang akan datang dan sampai saya tua akan bisa saya aplikasikan. Dengan kata lain, dengan ilmu bahasa atau peternakan, sampai tuapun saya tetep bisa bekerja sambil menunggu ajal. ... haduhh ... jadi curhat tentang mati .... 

Cukup ya ... membahas masa lalu saya ... hehehehehee ..





Revolusi Industri peternakan 4.0

Kira kira 3 tahun yang lalu saya dan beberapa alumni dari jurusan mesin industri, elektro dan jurusan tehnik jaringan (jurusan baru) berkumpul membahas beberapa pekerjaan di sebuah perusahaan terkenal yang agak pusing karena sifat koruptif para pekerja indonesia. Kira kira detailnya begini. Perusahaan tersebut memiliki mesin produksi yang dapat menghasilkan ribuan produk per hari. Di negara kita tercinta ini tingkat adaptasi operasional mesin memang bagus. Saking bagusnya, kadang kadang mesin tersebut di operasionalkan diluar jam kerja untuk kebutuhan diluar perusahaan tersebut. Koruptif ?? tentu saja ... anda kira kira sendiri lah 

Untuk mengakali perilaku tersebut maka bos dari perusahaan ini memerintahkan kepada salah satu pimpinan untuk membuat sistim buat ngatasin masalah ini. Taukah rekan rekan ? buat ngatasin ini, kita rame rame bikin aplikasi online  yang terhubung ke mesin produksi tersebut agar setiap produk yang keluar dari mesin ini dapat tercatan secara digital dan terkoneksi sampai ke kantor pusat perusahaan ini di Jerman.

Pada masa masa itu perlu beberapa keahlian khusus untuk merangkai alat ini. Pekerjaan analog di enkripsi ke digital kemudian di koneksikan global. Berat kan bahasanya ?? hahahahahaaa ... oke kita lanjut. Harus ada yang bisa membuat hardware dari manual mesin menjadi enkripsi digital. Ini tugasnya jurusan mesin industri dan elektro kayak saya. Kemudian ada yang bikin aplikasi digital untuk memudahkan pengoperasian mesin. Ini tugasnya programer, kebetulan ada teman jurusan mesin industri yang sempat kuliah programer. Ini orang hebat yang kebetulan adik kelas saya. Kemudian untuk mengkoneksikan semuanya ini kita butuh orang dengan keahlian tehnik komputer dan jaringan. Masalah teratasi kan ?? !!

Inilah kebanggan dan kebahagiaan saya memiliki banyak kawan di berbagai bidang keahlian. Percayalah ! tugas yang saya ceritakan tadi tidak akan jadi kalo cuman programer aja yang maju. Apalagi orang peternakan kayak saya ... hahahahahahaha ... bisa hamsyong kata orang tionghoa. Rekan rekan peternakan yang saya banggakan. Kira kira begitulah gambaran revolusi industri 4.0. 

Bagaimana di Sektor peternakan yang sedang kita geluti ?  

Beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan beberapa perwakilan investor dari negara tetangga kita. Saya banyak bercerita tentang efisiensi tinggi dalam bidang peternakan seandainya sistem seperti yang saya ceritakan tadi diterapkan di sebuah farm. Dengan segala infrastruktur yang ada di negara kita saat ini kita sanggup membuatnya. Dan sepertinya beliau - beliau ini menyetujui rencana dan paparan saya. Saya membandingkan bagaimana negara belanda yang kecil dan berada di bawah permukaan laut mampu menjadi exportir terbesar produk pertanian terutama buah buahan. Bagaimana negeri sehebat dan sesubur Indonesia dengan berbagai potensi di dalamnya tidak bisa membuat seorang peternak menjadi kaya ?




Rekan rekan yang saya hormati.

Memperingati hari buruh sedunia yang jatuh pada 1 mei besuk, saya berharap rekan rekan bijaksana dalam menyikapi situasi. Jika saya menjadi pengusaha  dan sumber daya manusia di perusahaan saya menjadi salah satu sumber masalah, percayalah saya akan ganti SDM dengan sumber daya lain yang nggak pernah demo dan cuti yaitu mesin. Dan itu bisa diwujudkan pada saat ini dan dimasa yang akan datang. Namun sayang, Pemerintah kita kelihatannya tidak mengijinkan ini di negara kita (terimakasih). Sektor industri berbasis padat karya tetep wajib dijalankan. Jadi jangan nyalahin pemerintah ya !! hahahahahaaa .... kita interopeksi diri lah !!




Rekan rekan semua, 

Dimasa yang akan datang dunia peternakan di negara kita  akan bersinggungan dengan Mesin pertanian modern, Programer,  Sistem jaringan internet dan lain sebagainya. Saya menambahkan poin penting saat bertemu perwakilan investor kemarin. Bapak bapak para investor sekalian, berapapun jumlah uang yang akan anda investasikan bukanlah poin utama dari sistem yang akan kita bangun. Poin dari semuanya tadi adalah bagaimana investasi yang sedang dijalankan dapat anda monitoring setiap saat, kapanpun dan dimanapun dibelahan dunia ini. Peternakan yang di bangun ini akan saya hadirkan tidak jauh dari rumah anda, bahkan tidak lebih jauh dari jari jemari anda.

Terimakasih rekan rekan atas perhatiannya, mudah mudahan rencana yang saya ceritakan tadi segera terwujud. amiiinnn. 

saya tidak bisa menceritakan detail dari rencana saya,  karena akan muncul tagihan di rekening anda ! hahahahahahaaaaaa .... kalo sekedar sharing silakan kontak nomer dibawah ya !!

salam sukses selalu

(WA : 0812 2558 8449)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

EM dan SOC (suplemen organik cair) termurah di dunia ... Mau ?

STOP !! Jangan jual rumput anda !! dipakai sendiri ternyata untungnya lebih banyak !!

rahasia besar dibalik gedebog pisang