Amoniasi jerami

Langsung aja buat menghemat waktu, sebenarnya kalo temen temen udah akrab ama fermentasi jerami maka langkahnya nggak jauh beda, jadi siapin tempat buat naroh jerami kering, trus kita tata setebal 20 sampai 50 cm. Tabur urea, tetes, garam ama mineral dengan kadar sama persis dengan fermentasi jerami. Yang agak beda ini nih, biar fungsi urea maksimal maka perlu ditambahin air secukupnya. Setelah lapis pertama maka lapis kedua dan seterusnya demikian terus dengan tinggi selera kita masing masing.
Perlu kita perhatikan adalah kondisi penyiraman air ditiap lapisan agar jangan terlalu sedikit atau terlalu kering. Setelah semua lapisan jadi cukup atasnya saja ditutup terpal atau plastik untuk menghindari penguapan air yang berlebihan.
Kok sama dengan fermentasi jerami. Sebenarnya pola inilah yang dinamakan amoniasi jerami. Hasilnya nanti bisa dipanen efektif setelah 1 bulan. Jangan kaget karena diperjalanan waktu nanti akan ada penyusutan bahan, ini wajar terjadi dan memang seharusnya demikian. Penyusutan ini menandakan. Reaksi dari urea yang mulai memecah liktin ama liknin alias serat kasar agar prosentasenya menurun.
Untuk tambahan aja ya ... Baiknya hindari mencacah jerami dikala belum di amoniasi. Sekecil apapun cacahannya kadar atau prosentase serat kasarnya akan tetap y
Tinggi.
Biar ada pertanyaan, silakan kontak melalui Aplikasi whatsap : 082242768586
Terimakasih
Isnan Ali
Mesin cacah super

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EM dan SOC (suplemen organik cair) termurah di dunia ... Mau ?

STOP !! Jangan jual rumput anda !! dipakai sendiri ternyata untungnya lebih banyak !!

rahasia besar dibalik gedebog pisang