Mensiasati pakan di kala hujan


Salam sukses selalu temen-temen peternakan ... udah lama nggak curhat ... langsung aja nih, mumpung lagi musim ujan ane mau sedikit cerita pengalaman beberapa tahun yang lalu waktu ane miara domba kisaran 25 ekoran. Kira kira musimnya sama kaya gini, hujan nggak pandang bulu, baik siang, malam atau pagi baru bangun tidur. Udah punya domba tanggung di jumlah, masih kuliah lagi. Tapi belum nikah (belum laku). Udah kebayang ama temen-temen peternakan gimana rasanya bagi waktu antara kuliah ama miara domba. Taukan pagi-pagi ngapain kalo punya piaraan ... langsung megang domba. Ngasih makan, bersihin kandang, cek kambing sehat apa nggak, beranak apa nggak, pada meler apa nggak ... pokoke sibuk. Ini belum termasuk ngopi, sarapan, udud dulu ...

Udah beres urusan kandang, langsung ane berangkat kuliah pake motor butut kesayangan. Walaupun udah tua umurnya nih ojek untungnya kagak pernah protes. Belum kalo ada ujian ... wah naik motor bisa kecepatan mach 5, lebih kenceng dari pada pesawat siluman punyake paman sam. Biasa ane kuliah masuk jam 8 ampe nanti paling siang jam 1, ini belum kalo ada tugas praktek ama lainnya ... wuis, jadi lupa kalo ane punya domba harus di kasih makan.Belum lagi cari obyekan lain buat biaya ini itu ama biaya pakan ke 25 pasukan putih ... bisa kebayang ... lebih enakan miara bini ...

Nah ..... temen-temen semua ... cerita lupusnya udahan, ada yang janggal, trus nyari rumput buat pasukan putih kapan kalo ujan ??? Ini yang mau ane critain. Begini temen-temen, karena kuliah ane kebetulan sejurus ama si putih alias di peternakan, sedikit banyak ane tau kebutuhan buat pasukan putih tiap harinya. Ini penting banget .... Ane catet nih bobot pasukan ane, mulai dari yang paling ringan ama yang super berat. kalo ane jumlahin jumlahnya ada 650 kg dari total 25 ekor domba. Dari total berat badan pasukan ane menurut kesepakatan internasional rata-rata kebutuhan pakan domba kambing atau sapi 10 % dari berat badan. Jadi ane tau kalo tiap hari ane harus nyiapin pakan rumput ama konsentrat jumlahnya kurang lebih 65 kg. Itung dulu : 650 X 10/100 = 65 oke ... Trus dari 65 kg itu masih ane bagi lagi 10 % buat konsentrat (bekatul) trus sisanya 90 hijauan (rumput). Ketemu dah ane harus nyiapin 6,5 kg bekatul ama sisanya 58,5 kg buat rumput.
Kalo cuman bekatul sih enteng tinggal beli jadi, 6,5 X 1500 jadi Rp. 9.750 buat beli bekatul. Pertanyannya .. gimana ane nyediain rumput setengah kintal lebih ?? Untung ane nanem rumput gajah ... Lumayan sih sekitar tanah 500 m persegi. Trus rumput segede tebu itu gimana carannya campur ama bekatul ?? Ini temen-temen yang ane praktekin dari dulu ampe sekarang ... ini rumput walaupun keras, tapi kalo di cacah lembut domba mau makan. Nggak percaya ... Beli tuh mesin cacah super lembut hahaha ,.... promo lagi nih ane ... 

Terpaksa cerita lupus berahir anti klimak ... jadi temen-temen peternakan ... walaupun pakan jadi hal sepele di negri ini, karena hijauan melimpah. Ternyata kalo jadi lupus ama miara domba harus disiasati. Apalagi kalo musim hujan ...Waktu yang dibutuhin nebang rumput gajah seberat satu kintal, nggak nyampe setengah jam. trus nyacah rumput segitu pake mesin diatas nggak nyampe seperempat jam. apalagi nyampur rumput ama bekatul ... paling lima menit. Paling enak lagi kalo lagi ngasih makan, nggak butuh waktu lama paling sepuluh menit juga kelar. Kalo diitung-itung sebenarnya nggak lama juga ane di kandang. sehari paling lama juga 2 jam ... tapi coba bayangkan kalo harus nyari rumput lapangan berapa jam dapet segitu ?? apalagi kalo beli ... waduh ... ngluarin duit buat beli bekatul aja kembang kempis ... apalagi suruh beli pakan semua ... bisa nganggur kuliah ... 

Inti dari semuanya ... nggak rugi kalo kita nambah mesin buat efisiensi ... dari pengalaman ane di atas contohnya ... nggak kebayang kalo ane nggak bikin mesin cacah ... nggak bakalan miara domba 25 ekor ama kuliah ... belum lagi kalo ujan macam begini ... bisa berabe ane nyari rumput. Jangan sampe kejadian tiap taun ini terulang : Nyari rumput itu kalo musim kemarau susah karena nggak ada rumput. Tapi kalo musim ujan lebih susah lagi karena waktu habis buat turun hujan. Ini yang biasa ane lakuin tiap hari waktu nyari pakan di musim hujan. Dalam sehari ane nyiapin waktu setengah jam buat nebang rumput gajah. Baik siang maupun hampir ujan. trus, rumput yang ane potong tadi ane angin anginin sampe besok. jadi rumput hari ini buat makan pagi ama makan sore kambing (inget ..!! DICACAH DULU)  ... begitu seterusnya ... mudah to ... 

Mudah-mudahan pengalaman ini bermanfaat bagi temen-temen peternak ... ingat ... waktu nggak bakalan berulang apalagi bisa dibeli dengan uang ... pengalaman yang buat kita dewasa, namun kreatifitas yang bisa menyelesaikan semuanya ...

Salam sukses selalu ...


Isnan Ali

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EM dan SOC (suplemen organik cair) termurah di dunia ... Mau ?

STOP !! Jangan jual rumput anda !! dipakai sendiri ternyata untungnya lebih banyak !!

rahasia besar dibalik gedebog pisang